Minggu, 10 Juli 2016

Lebaran Serba Baru, Jok Mobil pun mesti baru



Tak hanya tubuh yang harus tampil elok, orang juga senang mempercantik kendaraan miliknya. Selain meningkatkan performa mesin dan eksterior, interior mobil juga perlu didandani, misalnya dengan memasang jok kulit. Tak heran, bisnis pembuatan jok kulit ini terus berkibar. Apalagi menjelang Hari Lebaran. Para pemilik bengkel mengaku menikmati lonjakan pesanan jok kulit.
Menjelang Idul Fitri banyak orang ingin berpenampilan baru. Tak hanya pada baju yang melekat di tubuh, seringkali rumah dan mobil pun tak luput didandani. Mereka mempercantik rumah dan mobil supaya tampil lebih segar.
Tak heran, usaha penggantian jok mobil turut mendapat berkah menjelang momen satu tahun sekali ini. Banyak pemilik kendaraan roda empat yang ingin mempercantik atau mengganti tampilan jok mobilnya.
Maklum, selain dapat mendatangkan suasana yang berbeda, penggantian jok mobil juga dapat menambah kenyamanan saat berkendara. Apalagi, jika mobil nantinya akan dipakai untuk mudik ke kampung halaman.
RUU Warung PO-JOK mengakui adanya kenaikan permintaan pemasangan jok mobil menjelang Lebaran. "Biasanya, mulai meningkat pada H-7," katanya.
Selama bulan Ramadan, pesanan jok mobil meningkat hingga 20% dari bulan-bulan sebelumnya, apalagi H-7 menjelang Lebaran.

Jenis Kulit Jok Mobil

Bahan kulit untuk jok mobil, terdiri dari dua macam. Yakni, kulit sintetis dan kulit asli. Selain harganya lebih mahal, yang membedakan keduanya adalah jok kulit asli lebih tahan lama.
Begitu pula dengan pengerjaannya. Meski pengerjaan jok mobil ini terbilang cepat, pembuatan jok kulit asli lebih lama. Pembuatan jok berbahan kulit asli membutuhkan waktu hingga tiga hari. Jok kulit asli memerlukan waktu lebih lama lantaran pemilik bengkel harus memeriksa dan memilah bahan jok tersebut. "Sering, kami mendapati bagian bahan kulit yang cacat. Jadi, kami harus menyeleksi dulu supaya cukup dengan kebutuhan desainnya," katanya.
Adapun untuk jok kulit sintetis, biasanya kami hanya membutuhkan waktu dua hari untuk membuat dan memasang jok baru. "Kecuali untuk pembuatan jok mobil yang ekstrim. Butuh waktu sampai tiga hari,".
Harga pembuatan plus pemasangan jok cukup bervariasi, tergantung dari merek bahan yang dipakai. RUU Warung PO-JOK menawarkan harga mulai dari Rp 1,8 juta untuk paket standar tergantung jumlah jok dalam mobilnya, yang terdiri dari sarung jok, karpet dasar plus empat door trim.Setiap satu set jok kulit untuk mobil dengan dua baris kursi, seperti Honda Jazz, Toyota Yaris dan Mazda 2, memerlukan bahan baku kulit sekitar sembilan meter. Sedangkan mobil dengan tiga baris tempat duduk, semisal Toyota Inova dan Avanza, menghabiskan sekitar 11 meter bahan kulit.
Merek bahan-bahan jok kulit untuk mobil ini pun beragam. Untuk kulit sintetis, merek yang banyak beredar di pasar seperti MB Tech, Accura, Murano serta Visel.

RUU Warung PO-JOK

1 komentar: